Kamis, 08 Desember 2011

Orang Pertama Yang Dihukum di Akhirat

  Rasulullah saw. bersabda: “Pada hari kiamat Allah akan menghukum semua makhluk dan semua makhluk tertekuk lutut dihadapan-Nya. Pada hari itu orang yang pertama sekali akan dipanggil ialah orang yang mengerti (penghapal) Al-Qur’an, kedua orang yang mati fisabilillah dan yang ketiga ialah orang kaya.


   
   Allah akan bertanya kepada orang yang mengerti Al-Qur’an: “Bukankah Aku telah mengajar kepadamu apa yang Aku turunkan kepada utusan-Ku? Orang itu menjawab: “Benar Ya Tuhanku. Aku telah mempelajarinya di waktu malam dan mengerjakannya di waktu siang”. Allah berfirman: “Dusta! kamu hanya mau digelar sebagai Qari, malaikat juga berkata demikian”. Datang orang kedua, lalu Allah bertanya kepadanya: “Kenapa kamu terbunuh?”. Jawab orang itu:”Aku telah berperang untuk menegakkan agama-Mu”. Allah berfirman:”Dusta! kamu hanya ingin disebut pahlawan yang gagah berani dan kamu telah mendapat gelar tersebut di dunia, malaikat juga berkata demikian.

       Kemudian datang orang ketiga:”Apa yang kamu perbuat terhadap harta yang Aku berikan padamu?”tanya Allah. Aku gunakan untuk membantu kaum keluargaku dan juga untuk bersedekah”. Lantas Allah berfirman:”Dusta! kamu hanya ingin disebut dermawan dan kamu telah dikenali, malaikat juga berkata demikian”. Sabda Rasulullah saw. lagi: “Ketiga jenis orang inilah yang akan pertama dibakar di dalam api neraka”.

              Riwayat diatas mengajarkan kita agar mempunyai niat ikhlas karena Allah semata dalam setiap amal dan ibadah. Tanpa niat ikhlas akan sia-sia usaha kita di dunia dan penyesalan di akhirat. Semoga kita dijauhkan dari sifat riya’(pamer), Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews